Akses File Permision pada NTFS

Posted on 26 June 2009. Filed under: Windows | Tags: , , |

Menarik memang ketika saya membaca sebuah pertanyaan pada forum yang saya ikuti. Sebuah pertanyaan yang sederhana namun memang terkadang kita lupa bahawa itu juga sangat mendasar. Saya merasa tertarik dan akan saya coba jawab. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Pertanyaan yang mendasar pada dari topik dari forum tersebut adalah Mengenai Permision Akese File memang fitur ini hanya ada di Windows XP / yang lebih tinggi. Ini dikarenakan pada File System NTFS telah menggunakan System User Autenticated, jika anda adalah pengguna linux maka sangat tidak sulit untuk memahami system ini. NTFS hampir mirip dengan File System yang digunakan pada linux.

Pada system ini Setiap File punya Permition yang berbeda, Jika dalam System NTFS kita kenal dengan Autenticated User dimana hanya user-user tertentulah yang bisa mengakses. Dalam Linux kita bisa menggunakan Perintah chmod. Namun kita tidak akan membahas bagimana ini bekerja di Linux namun saya akan menjelaskan system ini pada system operasi windows.

Untuk melihat siapa saja yang boleh mekakses sebuah folder atau data pada Window anda harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu. How ? ndah Perhatikan Gambar berikut

buka Folder option –> klik View –> scroll pada bagian paling bawah hilangkan tanda centang pada pilhan “Use Simple file….. ” kemudian klik OK

Ok sekarang…fitur itu sudah terbuka.. untuk menggunakannya anda dapat mengubah file permision pada Windows dengan file NTFS.

Marik kita melihat hak akses pada sebuah folder. Klik kanan pada file/folder yang ingin anda akses.. kemudian pilih menu “Propertis” maka akan tampil Propertis dari File tersebut, Pilih menu Security perhatikan gmbar berikut :

Jelas kan jika nama / user yang anda gunakan tidak ada di dalam kolom tersebut maka anda tidak diperboleh mengakses File / Folder tersebut.

Untuk Melakukan Perubahan Supaya kita dapat melakukan akses ke Folfer tersebut dapat anda lakukan beberapa langkah berikut.

Klik pada Pilihan advance –> pilih menu Owner –> klik user yang anda gunakan  kemudian beri tanda centang pada pilihan “replace owner ….” lalu klik OK

Klik OK Maka File / Folder Tersbut menjadi milik anda…

Semoga membantu…..

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Siapa sih ini ?

  • Kategori

  • Masa Lalu

  • Follow me…

  • Apaan nih ?

  • Yang tersesat

    • 99,128 orang
  • Paling menyesatkan

    • Almanak

      June 2009
      M T W T F S S
      « May   Jul »
      1234567
      891011121314
      15161718192021
      22232425262728
      2930  

    Liked it here?
    Why not try sites on the blogroll...

    %d bloggers like this: